Penyemai Peradaban

 Jadilah Aktivis untuk Allah, Merdeka, Ikhlas dan Jujur

Salman Spiritual Camp (SSC) 28 memberi kesan tersendiri bagiku. Kegiatan marathon online ini dilaksanakan dari 15 Oktober sampai 31 Oktober 2020. Seluruh peserta harus mematuhi aturan yang sudah dibuat oleh panitia dimulai dari amal yaumi, deadline ngumpul tugas, hukuman jika tidak mengerjakan tugas atau nilai dibawah KKM, dan bisa jadi dikeluarkan dari kegiatan. Brrrrr baru kali ini rasanya ikut kegiatan online berasa LDO. Namun, aku tidak sedikit pun menyesali ikut kegiatan SSC karna kegiatan ini berisi daging semua materinya, tamparan alias reminder diri dan menambah wawasanku.

Gambar di atas adalah sekelumit rangkaian kegiatannya. Gimana, apakah kamu juga tertarik untuk ikut kegiatannya?. Jujur, awalnya aku mikir berkali-kali sih buat ikut. Pertama, mengingat semester tua jadi ada pikiran gengsi habis cuy:’). Kedua, beberapa tema materi sudah pernah aku ikuti di tempat lain. Ketiga, kegiatannya lama dan terakhir takut banyak tugas. Alhamdulillah keraguan diawal tidak berhasil membatalkan niatku untuk bergabung, karna aku gabut menunggu suatu hal yang belum pasti *eh.

Ngomong-ngomong, Aku akan menceritakan cuplikan keseruan SSC 28 siapa tahu nanti kamu berminat join.

Amalan Yaumi

Yap, amalan yaumi yaitu amal sehari-hari seperti sholat wajib tepat waktu, tilawah, olahraga, nonton kajian islam dan lainnya. Setiap hari nya akan ada link setoran amalan yaumi yang sudah ditetapkan panitia. SOP yang pertama ini membuatku terharu, para panitia ingin pesertanya sehat secara fisik dan mental, dengan cara membuat ceklist amalan yang menjuru pada kedekatan diri dengan Sang Pencipta.

PKP

Adanya output yang harus digarap peserta yaitu Proyek Kebaikan Pribadi (PKP). SSC memantik dan mengajarkan pesertanya untuk menjadi pelopor proyek kebaikan, bukan hanya sebagai penonton. SSC juga memfasilitasi sharing PKP dengan alumni SSC dan founder proyek yang mengesankan yaitu rumah teduh.

Pemateri

Serunya pemateri SSC itu presentasinya nggak monoton. Ada yang menyampaikan materi dengan cara membuat ilustrasi, ada yang menggebu-gebu dan juga ada by pengalaman, sehingga materinya sampai ke hati dan membuat diri tertampar online. Oh ya isi materinya juga bagus-bagus. Hal yang ku pikir aku sudah paham eh kenyataannya ilmu ku masih cetek. Berikut ada beberapa quote yang aku ingat dari pemateri:

Kesulitan itu adalah pintu mengenal Pencipta lebih dekat lagi -Prof.Ir.Hermawan

Manusia itu diberikan kemerdekaan untuk memilih, tetapi tidak dengan konsekuensinya -Khairun Rizki

Bergeraklah karena keresahan dan berawal dari why -Ahmad Fadhlul Kamal

Minta lah selalu pertolongan Allah karena hanya Allah yang bisa menggerakan hati-hati manusia yang tidak bisa kita raih -Iraningsih Achsien 

Dunia datang pada orang yang beramal soleh - Ust. Rendy Saputra 

Fasil

SSC memfasilitasi kita buat diskusi langsung mengenai PKP dengan kakak tutor dan teman satu kelompok. Jadi kita nggak dibiarin bingung sendirian.

Tugas

Keseruan terakhir adalah tugas yang suka buat spot jantung karna deadline nya buat gregetan, tapi tenang, tugasnya bakalan bermanfaat kok buat ke depan hehe.

Pokoknya cobain ya nanti apalagi jika masih menggandeng gelar 'mahasiswa angkatan muda', buruan deh cobain dan rasakan keseruannya, jangan sampai nyesel diakhiran:').

Punten, promosi dikit...

Mohon bantuan doa dan ikuti PKP-ku di punyodulurkito

Posting Komentar

8 Komentar

  1. Ini Salman ITB ya yang dimaksud? Kalok iya, Salman ITB juga ada acara yang nggak kalah kerennya dari SSC, LMD namanya, mungkin udah pernah tahu kan? Latihan Mujtahid Dakwah. Sayang belum diberi kesempatan untuk ikutan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku dulu ingin ikutan LMD, namun tidak kesampean teruss haha. Sampe skrg, udah tidak jadi mahasiswa lagi dong,, nyesel

      Hapus
    2. Whahaha sama dong kak. Emanh nyesel itu selalu di akhiran huhu

      Hapus
  2. Pengalaman yang luar biasa mbak heeh, next SSC pen nyoba juga insyaallah heeh

    BalasHapus
  3. Acaranya keren ya.
    Via online aja udah gitu naboknya. Apalagi acaranya offline, babak belur mungkin wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga kepikiran kalo offline mungkin sudah pingsan:"

      Hapus
  4. Pengin banget ikutan ini, apalagi pas lihat postingan teman-teman yang kemaren ikut dan Alhamdulillah di sini cukup detail Mbak tuliskan. Thanks Mbak🌼

    BalasHapus