Review Film: Ertugrul

Sejak awal bulan Maret sampai awal bulan Juni liburan yang tak pernah terduga di tahun 2020 membuatku bersarang didalam rumah, seperti  hastag yang diluncurkan oleh Mbak Nana (Najwa Shihab) melalui instgramnya yaitu #dirumahaja sangatlah cocok bagiku.

Awalnya aku menyambut keadaan dirumahsaja sangat antusias terlebih lagi seperti challenge karna selama ini aku jarang sekali satu minggu tidak kelayapan diluar rumah. Bulan kedua aku mulai merasa bosan, sudah bingung mau melakukan hal apa lagi. Kebingungan tersebut tidak berlangsung lama, aku kembali menemukan ide untuk melotot selama 300 jam setelah melihat snap whatsapp seseorang.

150 episode film yang satu episode nya berdurasi kurang lebih 2 jam sudah aku habiskan dalam waktu 2 bulan terakhir ini. Kalian bisa menyebutku ratu film wkwk. Film yang membuatku tidak terlalu fokus merenungi hari per hari itu adalah serial kisah Ertugrul Bey, film buatan Turki. Film tersebut bercerita tentang rantai peristiwa yang mengarahkan pada berdirinya Kesultanan Utsmaniyah.

Berikut cuplikan singkat tokoh dalam film tersebut:

Ertugrul Bey
Ertugrul Bey

Ertugrul Bey adalah anak ketiga dari Suleyman Shah dan Ibu Hayme dari Suku Kayi. Menurutku Ertugrul sangat menginspirasi. Saat semua mata tertutup kabut, matanya tetap jernih dapat melihat semua tipu muslihat musuh dan juga berbagai penghianatan dari dalam. Tak mengherankan bila Ia berhasil membawa suku nya sampai ke Anatolia. Ada 2 quotes yang paling kuingat. Pertama, "Jika kita beriman dengan sungguh-sungguh maka kita dapat melihat berbagai muslihat". Kedua, "Jika kita berperang karna Allah maka kemenangan akan berada digenggaman kita. Jika niat kita telah berbalik arah semisalnya karna harta jabatan maka kekalahanlah yang akan kita dapatkan".

Turgut Alp Wallpaper - KoLPaPer - Awesome Free HD Wallpapers
Turgut Alp

Ertugrul mempunyai 3 Alp yang paling dekat dengannya yaitu Bamsi, Dogan, dan Turgut. Dalam memerangi kaum kafir, ada satu kisah tentang 'Si Pemegang Kapak' yang menurutku mengharukan yaitu Ia tetap bertahan ketika disiksa berhari hari oleh Bizantium. Ia juga beberapa kali didelegasikan menjadi mata mata untuk mengetahui rencana yang akan dilancarkan musuh. Sakit hati terdalam yang Ia rasakan adalah saat Istrinya bernama Aykiz dibakar oleh Mongol.

Wedding Pictures Of Didem Balcin Aka Selcan Hatun From Dirilis ...
Selcan Hatun

Berikutnya adalah Selcan Hatun, istri dari Gundogdu Bey kakaknya Ertugrul. Pada awal episode Selcan sangatlah jahat, menjadi penghianat di Suku Kayi padahal Ia sudah dibesarkan oleh Ibu Hayme seperti anaknya sendiri dengan penuh kasih sayang. Ia menyembunyikan kebusukannya. Singkat cerita Ia bertaubat dan mengakui kebusukannya. Dari kejujurannya itu, Ia tidak ditoleh oleh suaminya dan dijauhi oleh penduduk setempat . Namun seiring waktu, dengan menunjukkan akhlaknya yang mulai berubah menjadi lebih baik, suami dan penduduk setempat mulai menerimanya kembali.

Sebenarnya masih banyak tokoh yang ingin kuceritakan tapi lebih syahdu bila kalian menontonnya sendiri. Setelah menonton film tersebut, kita akan mengetahui bagaimana perjuangan pejuang Islam, bagaimana mental dan akhlak pejuang, mengetahui bagaimana kejamnya bangsa Mongol dan Bizantium, serta semakin membuat kita yakin bahwa setiap kebusukan akan terbuka pada waktunya dan setiap kejahatan akan ada balasannya.


btw ini sejarah versi film, untuk lebih mendalaminya dianjurkan membaca bukunya dan siap siap melotot lebih lama lagi😃

Posting Komentar

4 Komentar

  1. Mantullll, rekomendasi film nihhhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yadum jangan lupa beli kuota buat nontonnya 😅

      Hapus
    2. Kaka, maksud EvyAllah itu ap y? Sampe skrg saya belum tahu pasti artinya ap

      Hapus
    3. wkwkw sama belum ketemu juga apa artinya:"

      Hapus