Review Buku "Ayana Journey to Islam"


Buku berjudul Ayana Journey to Islam merupaka buku kedua yang aku habiskan baca di bulan Januari setelah buku novel biografi buya hamka.

Identitas Buku

Ayana Journey to Islam

Penulis: Ayana Moon

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Jumlah Halaman: 156

Tahun Terbit: 2020


Sinopsis

Ayana lahir dari keluarga mapan dan begitu terpelajar di Korea. Sejak sekolah dasar, ia menjadi murid terpandai yang sangat kompetitif. Melalui kakeknya, ia pertama kali mendengar cerita tentang dunia Islam di Timur Tengah. Cerita itu begitu menarik hatinya sehingga Ayana berusaha mencari tahu lebih jauh tentang Islam.

Ketika mempelajari Islam, ia merasakan kedamaian yang selama ini tidak pernah ia rasakan sebagai remaja yang hidup penuh tuntutan. Ia pun memutuskan untuk menjadi mualaf. Keputusan besar ini mengejutkan keluarga dan teman-temannya. Saat Ayana ingin belajar lebih jauh tentang Islam di luar Korea, keluarganya memutus dukungan finansial. Ia pun harus bekerja di beberapa tempat sambil tetap sekolah untuk mewujudkan cita-citanya. Ayana akhirnya berhasil pergi ke Malaysia, namun keadaan begitu berbeda dari yang ia bayangkan. Ia hampir menyerah dan memutuskan akan kembali ke Korea. Sebelum pulang, Ayana sempat singgah di Indonesia, dan di negeri inilah hidup Ayana berubah.

Ayana Journey to Islam kisah perjuangan seorang mualaf Korea yang menemukan makna cinta, arti keluarga, dan jalan hidup dalam Islam.



Review

Salah satu alasan yang membuatku membaca buku ini adalah ingin mendapatkan insight lebih mengenai bagaimana Islam menjadi rahmatan lil alamin. Aku salut dengan Jihya atau sekarang dikenal dengan nama Ayana. 

Sosok Ayana yang penuh dengan keingintahuan sehingga menghantarkannya merasakan manisnya masuk Islam. Ayana yang selalu menangkap sinyal yang diberikan oleh Allah, itu merupakan hal luar biasa karena diluar sana termasuk aku sendiri barangkali telah diberikan sinyal namun belum mampu menangkap sinyal tersebut. Buku ini sekali lagi mengajarkan bahwa tidak ada yang kebetulan dan selalu ada pesan yang Allah berikan dalam setiap perjalanan.

Kelebihan buku

Buku Ayana Journey to Islam terdiri dari jumlah halaman yang sedikit namun meaningfull, maka sangat cocok sekali untuk para pembaca pemula. Selain itu, di beberapa halaman terdapat foto Ayana sehingga para pembaca tidak akan merasa bosan dan memperkuat bahwa tulisan dalam buku tersebut memang cerita fakta.

Kekurangan buku

Ada satu bab yang membuatku kesulitan memahami hehe yaitu alur ketika Ayana ingin ke Mekkah dan perjalanan adiknya Ayana yang juga masuk Islam. Aku pikir akan lebih bagus jika alur yang didahulukan adalah kisah perjalanan adiknya Ayana baru setelah itu keinginannya yang ingin ke Mekkah.

Posting Komentar

0 Komentar