Review Buku: Novel Api Tauhid Habiburrahman El Shirazy

 "Bismillah"

Pangkal segala kebaikan,

permulaan segala urusan penting,

dan dengannya juga

kita memulai segala urusan

- Badiuzzaman Said Nursi -

 

Novel Api Tauhid

Nama Penulis: Habiburrahman El Shirazy

Tahun Terbit: 2014

Penerbit: Republika

Jumlah halaman: 573


Novel api tauhid karya Habiburrahman El Shirazy yang kerap disapa Kang Abik  memasukkan unsur sejarah, sisi romantis dan tak lupa sesuatu yang selalu penting yaitu unsur agama Islam. Alur cerita novelnya sangat menarik dan membuat penasaran di setiap lembarnya. 

Bagian yang aku suka dari novel ini adalah  kisah keluarga Badiuzzaman Said Nursi, dimulai dari pertemuan orang tuanya (Mushab dan Nuriye yang pandai menjaga wudhu), kisah Nursi yang sangat giat dalam menuntut ilmu bahkan dalam posisi berada dalam penjara sekalipun, kisah heroik Nursi mengajak preman untuk kembali ke jalan yang lurus dan mengemukakan pendapat dengan cara yang baik pada masa kekacuan yang terjadi di Turki. Tidak kalah menariknya, ada alur kisah cinta Fahmi si tokoh utama yang membuat terharu di akhir cerita.

"Kita harus ikhtiar untuk memperoleh kehidupan yang abadi di alam fana ini. Duduk dengan nyaman dan meminta surga itu tidak mungkin! Aku tidak seberani itu meminta surga dengan duduk nyaman".

Badiuzzaman Said Nursi

Secara keseluruhan dari 1-10, aku menilai 9 untuk novel ini karena baik tokoh yang memerankan dan tokoh yang diceritakan serat akan nilai kehidupan.

Posting Komentar

0 Komentar